Mencari Tahu Berapa Lama Masa Kadaluarsa Kopi?

Mencari Tahu Berapa Lama Masa Kadaluarsa Kopi?

Kopi tidak diragukan lagi sudah menjadi salah satu minuman dengan banyak penggemar di dunia. Kopi memiliki rasa, aroma, dan jenis yang sangat bervariasi. Hal ini menciptakan rasa yang tidak ada tandingannya. Tidak heran, banyak orang yang menggemari jenis minuman ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali variasi dari kopi. Di pasaran sendiri, tersedia berbagai jenis dan macam dari kopi. Mulai dari biji kopi yang masih mentah, sampai yang sudah disangrai.

Bahkan, ada juga kopi dalam bentuk bubuk yang siap diseduh dan langsung dinikmati. Dalam bentuk yang lebih praktis, ada juga kopi instan dengan campuran gula, bahkan susu dan krimmer.

Namun, walaupun memiliki penggemar yang sangat banyak. Tidak hanya orang yang mengetahui dengan pasti. Sebenarnya kapan sih masa kadaluarsa dari kopi itu sendiri. Berapa lama masa penyimpanan sampai akhirnya kopi dinyatakan kadaluarsa.

Faktor yang Mempengaruhi Masa Kadaluarsa Kopi

Masa kadaluarsa dari kopi sebenarnya tidak tentu, karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor yang berasal dari kopi itu sendiri. Sampai faktor luar yang berhubungan dengan pengelolahan kopi.

Karena itu, berikut adalah berbagai faktor yang mempengaruhi masa kadaluarsa kopi. Faktor-faktor ini bisa mempengaruhi masa kadaluarsa menjadi lebih pendek atau lebih panjang.

  1. Jenis dari Kopi yang Disimpan

Hal pertama yang mempengaruhi masa kadaluarsa dari kopi adalah jenis dari kopi itu sendiri. Beberapa jenis kopi, bisa bertahan lama dari jenis kopi yang lainnya. Misalnya saja, jika biji kopi sudah disangrai maka kopi bisa bertahan sampai satu tahun lebih.

Namun, pada bentuk lain atau jenis kopi lain. Mungkin saja, masa kadaluarsanya lebih singkat. Apalagi, jika sudah dicampur dengan bahan lainnya juga.

  1. Cara Penyimpanan Kopi

Hal selanjutnya yang mempengaruhi masa kadaluarsa kopi adalah bagaimana cara menyimpananya. Cara penyimpanan yang tepat bisa membuat masa kadaluarsa kopi lebih lama. Kesalahan dalam penyimpanan kopi bisa dipastikan membuat umur kopi singkat.

Hal ini karena dengan penyimpanan yang tepat. Kesegaran dari biji kopi bisa tetap terjaga. Mulai dari aroma sampai rasanya tidak akan mudah berubah. Hal yang paling penting dari menyimpan kopi adalah tempat penyimpanannya.

Haruslah di tempat yang kedap udara, tidak lembab, tidak panas. Hal yang paling penting tempat harus gelap dan juga kering.

  1. Wujud dari Kopi

Selain jenisnya, wujud dari kopi juga bisa mempengaruhi masa kadaluarsa kopi ini. Kopi dalam bentuk biji mentah dengan biji yang sudah dipanggang. Pastinya, akan memiliki masa kadaluarsa yang berbeda.

Begitu juga dengan biji kopi dengan kopi bubuk. Pasti wujud dari kopi ini mempengaruhi ketahanan kopi dan masa kadaluarsanya.

  1. Pengemasan Kopi

Pengemasan kopi termasuk dalam bagian cara penyimpanan kopi. Namun, secara khusus pengemasan sangat penting dalam menentukan umur dari kopi. Jika kopi dikemas dengan baik, di wadah yang tertutup, kering dan tidak lembab. Maka, ada kesempatan bertahan lama.

Masa Kadaluarsa Koopi Menurut Wujudnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wujud dari kopi mempengaruhi masa kadaluarsa dari kopi itu sendiri. Karena, dengan perbedaan wujud maka kopi akan memiliki metode penyimpanan yang berbeda dan ketahanan yang berbeda pula.

Berikut akan dibahas berapa lama masa kadaluarsa kopi jika ditinjau dari beberapa wujud tertentu. Masa kadaluarsa yang dituliskan di bawah ini diasumsikan dengan cara penyimpanan kopi yang baik.

1. Kopi Green Beans – 1 Tahun

Green benas adalah biji kopi mentah yang belum dipanggang. Biasanya, biji kopi ini langsung dipetik dari pohonnya. Sesuai dengan namanya, biji kopi yang belum dipanggan biasanya memiliki warna hijau.

Jika kopi dalam bentuk green beans tanpa roasting dan dalam penyimpanan yang tepat. Maka, masa kadaluarsanya bisa bertahan sampai 1 tahun lamanya.

2. Biji Kopi Roasted – 5 sampai dengan 6 bulan

Biji kopi roasted adalah green beans yang sudah melalui proses roasting jadi warnanya sudah menjadi cokelat dengan aroma yang khas. Karena sudah melalui proses pengelolahan tertentu. Tidak heran, jika biji kopi roasted masa simpannya lebih singkat dari green beans.

Rata-rata biji kopi roasted bisa bertahan dari 5 sampai dengan 6 bulan sejak tangggal kopi selesai diroasting. Tentu saja, masa kadaluarsa ini berlaku jika diiringi dengan cara penyimpanan yang sudah tepat.

3. Kopi dalam Bentuk Bubuk – 1 bulan

Kopi dalam bentuk bubuk biasanya didapatkan setelah biji kopi roasted digiling. Biji kopi dalam bentuk pupuk ini memiliki masa kadaluarsa yang lebih singkat lagi. Bahkan, rata-rata kopi bubuk ini biasanya hanya bertahan 1 bulan saja paling lama.

Belum lagi, jika kopi bubuk ini dalam bentuknya dicampur lagi dengan gula maupun krimmer. Tentu saja, hal ini akan sangat mempengaruhi masa kadaluarsanya. Karena gula dan krimmer pun memiliki masa kadaluarsa yang berbeda dan pastinya akan saling mempengaruhi.

Itulah jawaban dari pertanyaan berapa lama masa kadauluarsa dari kopi. Sekarang para penggemar kopi, tentu saja tidak merasa penasaran lagi dengan hal ini. Informasi ini juga bisa membantu para penggemar kopi untuk lebih berhati-hati.


Leave a Reply

Your email address will not be published.